JAKARTA, CEKLISSATU - Persija membuka kiprahnya di Liga 1 2024/2025 dengan mengesankan. Macan Kemayoran menang telak 3-0 atas Barito Putera di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (10/8/2024).

Persija tampil menekan sejak pertandingan dimulai. Tekanan itu pun berbuah hasil di menit ke-11 lewat aksi Gustavo Almeida.

Gustavo merobek gawang Barito Putera lewat tandukan terukur. Ia berhasil memanfaatkan umpan yang dilepaskan Riko Simanjuntak.

Persija menambah gol di menit 71’ lewat brace Gustavo. Gol kedua Gustavo ini tercipta dari titik putih.

Belum puas dengan dua gol, Gustavo kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-81. Pemain bernomor punggung 70 itu merobek gawang Barito Putera untuk ketiga kalinya berkat sepakan yang manis dari dalam kotak penalti lawan.

Kemenangan ini pun disambut baik oleh pelatih Persija, Carlos Pena. Pelatih asal Spanyol itu mengatakan Persija berhasil menampilkan performa yang solid di hadapan 15.971 Jakmania yang memadati JIS.

"Performa yang solid dari tim, baik saat bertahan maupun menyerang. Saya pikir kami memulai pertandingan dengan sangat baik sampai akhirnya kami mendapatkan gol," kata Carlos Pena.

Di babak kedua, Carlos Pena menilai Persija tampil lebih baik. Beberapa peluang emas didapatkan, dengan dua di antaranya berhasil menjadi gol.

"Saya juga senang karena berhasil clean sheet, kami tidak kebobolan. Jadi selamat untuk tim," ucap Pena.

Macan Kemayoran menang 3-0 berkat hattrick Gustavo Almeida. Dia menunjukkan ketajamannya sebagai seorang penyerang di pertandingan tersebut. Ia tak hanya pintar membuka ruang, tetapi juga sangat efektif saat mendapatkan peluang.

Tiga gol Gustavo Almeida ke gawang Barito Putera tercipta pada menit 11’, 71’ (penalti), dan 82’. Torehan ini jelas jadi awal yang baik bagi Gustavo yang musim lalu cukup sering menepi karena cedera.

"Pertama, saya ingin sampaikan selamat untuk rekan-rekan di tim. Kita tahu, pertandingan pertama di Liga, itu selalu menyulitkan," kata Gustavo usai laga.

"Tapi saya senang dengan performa yang kami tunjukkan. Kami juga bisa mencetak tiga gol," tutur pemain asal Brasil tersebut.

Gustavo berharap hattrick di laga pertama musim ini jadi awal yang baik untuknya. Pemain berusia 28 tahun itu ingin tampil konsisten sepanjang musim ini.

Tak hanya mencatatkan hattrick di pekan perdana, dirinya pun terpilih sebagai Man of The Match di akhir pertandingan.