JAKARTA, CEKLISSATU – Masyarakat di 23 wilayah di Indonesia harus waspada. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan adanya peringatan dini di beberapa wilayah yang diperkirakan akan mengalami cuaca ekstrem, Kamis (8/8/2024).

Menurut BMKG, ada sejumlah wilayah tertentu yang perlu masyarakat waspadai dengan datangnya dampak cuaca ekstrem hari ini, salah satunya hujan lebat.

Bagi masyarakat di wilayah yang berpotensi terdampak ini disarankan tetap waspada, dan siap menghadapi kemungkinan gangguan yang disebabkan kondisi cuaca ekstrem.

Pantau terus perkembangan cuaca terkini dan ikuti arahan dari pihak berwenang setempat demi keselamatan dan kenyamanan bersama selama cuaca ekstrem berlangsung.

Baca Juga : Sidak Sejumlah Pasar, Dirut Perumda PPJ Kota Bogor Ingatkan Jajaran Unit Pasar dan Pedagang Waspada Cuaca Ekstrem

Dilansir dari laman BMKG, berikut ini rincian peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia, Kamis (8/8/2024):

Wilayah yang Perlu Waspada terhadap Dampak Hujan Lebat, yaitu: Aceh, Banten, Jakarta, Gorontalo, Papua Barat, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah;

Kemudian Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Papua, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara.

Sementara itu, wilayah dengan potensi tinggi gelombang, yakni:

- Area perairan dengan gelombang sedang (1.25 - 2.50 m) di beberapa wilayah seperti:

Sabang, Banda Aceh, Barat P. Simeulue, Meulaboh, Barat Kep. Nias hingga Barat Kep. Mentawai, Laut Jawa, Perairan Selatan NTB, Perairan Kupang, dan lainnya.

- Area perairan dengan gelombang tinggi (2.50 - 4.0 m) di beberapa wilayah seperti:

Barat Bengkulu hingga Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Samudera Hindia Selatan, dan sebagainya.

Dengan adanya peringatan ini, diharapkan semua pihak dapat lebih waspada dan siap menghadapi cuaca ekstrem yang dapat membawa dampak buruk bagi masyarakat.